Membuat Media Pembelajaran


Media sebagai alat pendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar merupakan kebutuhan yang bersifat “wajib” bagi guru.  Dengan media pembelajaran yang ada maka akan dapat meringankan kerja guru dalam mendemonstrasikan ilmu/pengetahuannya di hadapan para perserta didik.

Ada banyak jenis media pembelajaran yang bisa digunakan oleh para guru, salah satu media yang cukup baik digunakan adalah media presentasi berbasis komputer menggunakan software presentasi Microsoft Powerpoint.  Dengan media presentasi powerpoint kita dapat mengapresiasikan ide kita dengan lebih jelas kepada peserta didik.

Membuat media pembelajaran dengan software presentasi Microsoft Powerpoint tidaklah sulit, jika ingin membuat format jadi tinggal isi kita dapat menggunakan fasilitas wizardnya. Banyak buku-buku panduan yang bisa anda dapatkan di toko-toko buku maupun di situs-situs. Pada bagian bawah ini juga saya lampirkan tutorial membuat media pembelajaran berbasis Microsoft Powerpoint 2003. Meskipun saat ini Microsoft Powerpoint sudah mencapai versi 2007, tetapi versi2003 saya yakin masih banyak digunakan. Tutorial ini bersifat singkat (6 halaman) jadi anda tidak perlu waktu yang lama untuk membaca dan mencobanya. Semoga bermanfaat, saya tunggu kritik dan sarannya.

membuat-media-pembelajaran1

34 thoughts on “Membuat Media Pembelajaran

  1. M Mursyid PW

    Salam silaturahim dari pekalongan, pak Andi. Kita nampaknya sama-sama guru yang haus inovasi. Salut buat anda. Kapan2 kalau ada waktu silahkan mampir di gubug maya saya.

  2. flexter4u

    sebenarnya ada banyak tools untuk untuk kepentingan kualitas media pembelajaran. Powerpoint hanyalah media yang sangat sederhana dan populer. Kapan-kapan nanti bisa sharing, karena kebetulan saya punya pusat studi untuk kepentingan ini, namanya Pusat Studi Layanan Teknologi Kreatif (Puslatif) beralamat di Jurusan Teknik Informatika UII Yogyakarta, CP : Prayudi

  3. dedisuparman

    Assalam……………
    Pak guru aku lagi kuliah semester 2, kalau ada yang saya butuhkan berkaitan dengan geografi saya mintan tolong yah,
    ni alamat e-mail aku : dedisprmn@gmail.com
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    wassalam.

  4. pakarfisika

    salam dari Solo.

    Meski di WNO, karya Pak Andi merebak ke seluruh pelosok tanah air bahkan manca negara. Senang bisa ikut mengambil manfaatnya…selamat pak Guru…

    wassalaam…

    (andi) Ge eR nih, he he he. But makasih atas supportnya

  5. muhammadadri

    Bagaimana membuat media pembelajaran berbasis multimedia, silahkan lihat artikel di site saya atau yang saya publish di http://IlmuKomputer.Com

    Sedikit saran : Header-nya nice… tapi kalo bisa resolusinya di perbesar, biar nggak pecah…

    (andi) ya pak sudah saya download artikelnya, headernya masih belom saya ganti. File aslinya hilang.

  6. muhammadadri

    Guru dengan semangat seperti bung Andi inilah yang sesungguhnya dibutuhkan oleh bangsa ini… Jangan pernah malu dan takut untuk men-share pengetahuan kita…buang jauh-jauh kekuatiran karya kita akan diciplak orang lain..!!!

    Selamat ber-IT dan ber-Open minded

  7. paijo

    iteman untuk soal esai gimana mas

    http://mansabdodadi.net84.net/

    (andi)
    Iteman kayaknya hanya untuk soal pilihan ganda mas. Untuk soal esai selama ini saya akali sendiri, saya sesuaikan dengan skornya. Misal nomor 21 skornya 5 maka soalnya saya jadikan 5 nomor dari nomor 21 sampai 25 dengan option jawaban hanya 2 yaitu A dan B. Jika skor 4 maka ada 1 nomor yang diberi jawaban B, jika skor 3 jawaban B ada 2 dan seterusnya. Untuk soal esai pakai bigstep atau anates lebih Oke.

Komentar ditutup.