Hakikat dan Ruang Lingkup studi Geografi


Pada hakikatnya studi geografi adalah pengkajian keruangan tentang fenomena dan masalah kehidupan manusia yang disusun dari hasil obeservasi dengan melakukan analisis fenomena manusia, fenomena alam serta persebaran dan interaksinya dalam ruang. untuk menunjukkan dan menjelaskan fenomena di permukaan bumi diawali dengan mengajukan 6 (enam) pertanyaan pokok, yaitu what, where, when, why, who(m) dan how (5W1H).

Pertanyaan pokok tersebut untuk menjelaskan:

1. Fenomena apa yang terjadi

2. Di mana fenomena itu terjadi

3. Kapan fenomena tersebut terjadi

4. Mengapa fenomena itu terjadi

5. Siapa saja yang mengalami

6. Bagaimana usaha-usaha mengatasi

Rhoads Murphey (1966) dalam bukunya The Scope of Geography menjelaskan bahwa pokok-pokok ruang lingkup ilmu geografi adalah :

1. Persebaran dan keterkaitan antara penduduk di permukaan bumi dan aspek-aspek keruangan, serta usaha manusai untuk memanfaatkannya.

2. Interelasi antara manusia dengan lingkungan fisik sebagai bagian dari studi perbedaan wilayah.

3. Kerangka wilayah dan analisis wilayah secara khusus.

About these ads

5 Komentar to “Hakikat dan Ruang Lingkup studi Geografi”

  1. MAS TOLONG DONG MINTA PENJELSAN NYA MENGENAI KONSEP GEOGRAFI, PENDEKATAN GEOGRFAI,PRINSIP GEOGARFI DAN ASPEK GEOGRAFI YG JELAS YA, THANKS BGT.

  2. bisa bantu saya u/ ngerjain tugas geografi.

    mohon bimbingannya.. :)

  3. assalamualaikum

    pak, bisa tolong jelaskan yg dimaksud dgn masing2 pokok2 ruang lingkup geografi menurut R. Murphey?
    jadi maksudnya poin A, B, dan C.. tolong ya, tugas sekolah nih :'(

    terima kasih

  4. wuih bagus banget bloknya mas, kenalkan aku M. FATA FIRDAUS, guru geografi SMAN PUNUNG PACITAN. rasanya ketinggalan banget sama mas andi, mestinya semua guru geografi tuh seperti masnya, oke?
    gini mas, aku barusan saja belajar internet, padahal aku lebih tua dari pada panjenengan. Oh ya masnya alumni mana ya? kalau aku dari IKIP YOGYAKARTA, lulus tahun 1990, rumah aku di Wonogiri bagian selatan tepatnya GIRITONTRO daerah Karst-nya Wonogiri.

  5. Thankz ya blog nya qeren bangets

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 146 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: