Prinsip Geografi


Prinsip Yang Digunakan Dalam Mengkaji Fenomena Geografi

oleh : Andi Hidayat

= – = – =

Dalam mengkaji fenomena, gejala atau peristiwa gesofer yang terdapat di bumi yang berkaitan akan sering di bahas dengan pertanyaan 5W1H. Pertanyaan tersebut meliputi apa yang terjadi, di mana terjadinya, kapan terjadinya, mengapa terjadi, siapa atau apa yang menyebabkan dan bagaimana proses terjadinya. Untuk menjawab fenomena tersebut maka seorang geografi akan menggunakan prinsip-prinsip geografi.

Prinsip geografi adalah dasar yang digunakan untuk menganalisis berbagai fenomena geografi yang terjadi hampir setiap waktu. Prinsip ini merupakan ciri khas ilmu geografi yang berkaitan dengan keruangan dan proses-proses di dalamnya.

Baca Juga :
Pengertian Geografi, Obyek Material Geografi, Obyek Formal Geografi, Aspek Geografi, Pendekatan Geografi, Manfaat Geografi, Cabang Ilmu Penunjang Geografi.Prinsip GeografiPrinsip PersebaranPrinsip InterelasiPrinsip DeskripsiPrinsip Korologi.

Prinsip-prinsip dalam ilmu Geografi antara lain :

1. Prinsip Penyebaran

Merupakan prinsip dasar dalam mengkaji setiap gejala dan fakta geografi, baik gejala alam maupun manusia. Prinsip ini memandang bahwa setiap gejala dan fakta di permukaan bumi tersebar secara tidak merata antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Suatu gejala geografi bisa terlhat terkumpul dalam jumlah yang padat dan banyak, tetapi di satu tempat lain terlihat sangat jarang dan sedikit.

Misalnya : persebaran penduduk Indonesia tidak merata antara pulau satu dengan lainnya.

2. Prinsip Interelasi

Digunakan untuk melihat pola hubungan antara satu gejala dengan gejala lainnya, meliputi hubungan antara :

a. Faktor fisik dengan faktor fisik lainnya

Misal : hubungan antara mata air panas dengan energi panas bumi di sekitar gunung berapi

b. Faktor fisik dengan faktor manusia

Misal : hubungan antara manusia dengan cara bertani di lahan miring dengan membuat terasering (sengkedan)

c. Faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.

Misal : mengkaji tentang kehidupan di desa dengan jenis mata pencaharian

Dengan memperhatikan pola hubungan antar gejala dan fakta geografi pada suatu wilayah, akan dapat diketahui karakteristik gejala-gejala tersebut secara kualitatif. Dengan bantuan ilmu statistik, hubungan antar fenomena dapat di analisa/diukur secara kuantitatif

Fenomena munculnya geyser sebagai penanda suatu gunung berapi mengalami gejala pasca letusan (post vulcanic).

3. Prinsip Deskripsi

Merupakan prinsip yang menggambarkan lebih jauh terhadap persebaran dan hubungan interelasi antara fakta dan gejala di permukaan bumi. Untuk menyajikan gejala secara komprehensif dapat dimulai dengan mengajukan pertanyaan 5W1H, sedangkan bentuk penyajiannya dapat berupa kata-kata, tulisan, tabel, grafik dan peta.

Penyampaian peristiwa/fenomena geografi menggunakan penjelas secara rinci baik secara lisan dan tertulis yang disertai dengan tabel, grafik dan peta.

4. Prinsip Keruangan (Korologi)

Merupakan prinsip yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Ruang dalam sudut pandang geografi adalah permukaan bumi secara keseluruhan yang membentuk suatu fungsi.

Perencanaa tata ruang suatu kota dilakukan setelah mengkaji setiap detil wilayah-wilayah yang memiliki ciri khas di kota itu sebagai satu-kesatuan yang saling berinteraksi dan memerlukan panduan yang jelas dalam pelaksanaan pembangunannya.

= – = – =

Untuk memahami prinsip-prinsip geografi dalam bentuk presentasi video dapat anda klik icon menuju link Youtube berikut ini.

Sumber Tulisan

  1. Daldjoeni, N. 1982. Pengantar Geografi. Bandung : Alumni
  2. Hermawan, Iwan. 2009. Geografi Sebuah Pengantar. Bandung : Private Publishing
  3. Sumaatmadja, Nursid. 1988. Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung : Alumni
  4. Sya, Ahman. 2011. Pengantar Geografi. Bandung : LPPM Bina Sarana Informatika
  5. Suharyono dan Moch. Amien. 2013. Pengantar Filsafat Geografi : Yogyakarta : Ombak
  6. Yunus, H.S. 2008. Konsep Dan Pendekatan Geografi : Memaknai Hakekat Keilmuannya. Disampaikan dalam sarasehan Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Geografi Indonesia. Yogyakarta : Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

1 thoughts on “Prinsip Geografi

Komentar ditutup.