Aspek Geografi


Aspek-aspek Dalam Disiplin Ilmu Geografi

oleh : Andi Hidayat

= – = – =

Geografi sebagai ilmu yang mempelajari tentang bumi memiliki bidang kajian yang sangat luas. Hampir semua fenomena alam maupun non alam menjadi bidang bahasan dalam geografi. Unsur-unsur geosfer saja seperti atmosfer, antroposfer, biosfer, hidrosfer dan lithosfer memiliki kajian yang banyak mulai dari jenis, bentuk fenomena geosfer hingga proses-proses yang menyertainya.

Begitu luasnya bidang kajian bumi, dan oleh Willian Kirk dibadgi menjadi 2 bagian aspek geografi yaitu aspek fisik dan nonfisik. Kedua aspek ini saling berhubungan satu sama lain dalam kehidupan di permukaan bumi.

Aspek fisik dan non fisik dalam kajian ilmu geografi antara lain :

1. Aspek Fisik, meliputi :

  • Aspek Topologi

aspek topologi merupakan bidang kajian geografi yang berkaitan dengan letak atau lokasi suatu wilayah yang meliputi bentuk muka buminya, luas area, dan batas-batas wilayahnya yang memiliki ciri khas tertentu

Sebagai contoh berdasarkan aspek topologi Indonesia terletak di antara garis 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT sampai 141 derajat BT. Wilayah Indonesia memiliki luas total 5.893.250 juta km2 dengan hampir 67% wilayahnya di dominasi oelh perairan laut. Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia di bagian barat, Papua Nugini di bagian timur. Di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia, Timor Leste dan Australia. Sedangkan di sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam.

  • Aspek Biotik

aspek biotik merupakan bidang kajian geografi yang berkaitan dengan karakteristik organisme (manusia, hewan dan tumbuhan) yang menempati permukaan bumi.

Sebagai contoh pada aspek biotik seperti gambar di atas adalah persebaran manusia berdasarkan ras atau warna kulit.

  • Aspek Non Biotik

aspek non biotik merupakan bidang kajian geografi yang berkaitan dengan faktor-faktor lingkungan yang berupa benda mati yang memiliki pengaruh terhadap kelangsungan hidup organisme yang ada di permukaan bumi.

Sebagai contoh misalnya peristiwa alam El Nino yang menyebabkan kekeringan di Indonesia dan banjir di daerah Peru Amerika Sealatan. Pada saat peristiwa La Nina dampak yang akan terjadi di Indonesia dengan Peru adalah sebaliknya.

2. Aspek NonFisik, meliputi

Aspek non fisik merupakan bidang kajian geografi yang menitik beratkan pada kajian manusia dari segi karakteristik perilakunya. Pada aspek non fisik mnusia dipandang sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya. Beberapa contoh kajian pada aspek non fisik antara lain :

    • Aspek Sosial
    • Aspek sosial yang menjadi kajian dalam geografi misalnya adalah tentang kehidupan dan interaksi sosial seperti interaksi desa dan kota, sebaran adat dan tradisi, kelompok-kelompok masyarakat dan lembaga sosial.
    • Pada contoh di atas adalah adat bakar perahu di Bagansiapi-api yang secara sosial merekatkan hubungan antara penduduk pribumi dengan pendatang. Adat ini kemudian menjadi ritual tahunan di daerah tersebut dan termasuk dalam kalender wisata yang menjadi bagian dalam program Visit Indonesia.
    • Aspek Ekonomi
    • Aspek ekonomi yang menjadi kajian dalam geografi misalnya tentang persebaran dan jenis-jenis industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, pertambangan, transportasi, pasar dan sebagainya
    • Transportasi menjadi salah satu faktor yang menggerakkan nadi kehidupan ekonomi di suatu wilayah. Daerah yang memiliki jaringan transportasi lengkap dan lancar akan memiliki kecenderungan untuk berkembang dengan pesat dari segi ekonomi.
    • Aspek Budaya
    • Aspek budaya yang menjadi kajian dalam geografi misalnya tentang unsur-unsur budaya dan persebarannya,  agama, bahasa, kesenian dan lain-lain.

Keragaman budaya di Indonesia tercermin dari banyaknya suku bangsa, bahasa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Unsur-unsur budaya yang ada dipengaruhi oleh kepercayaan-kepercayaan sesuai sistem religi yang dianut.

    •  Aspek Politik
    • Aspek politik yang menjadi kajian dalam geografi misalnya tentang kepemerintahan dan kepartaian yang meliputi banyaknya partai, sebaran/basis pendukung.

Sidang MPR dalam pengambilan keputusan/kebijakan untuk kemajuan pemerintahan dan nasib bangsa dari segi geopolitik

= – = – =

Untuk memahami definisi geografi dalam bentuk presentasi video dapat anda klik icon menuju link Youtube berikut ini.

Sumber Tulisan

  1. Daldjoeni, N. 1982. Pengantar Geografi. Bandung : Alumni
  2. Hermawan, Iwan. 2009. Geografi Sebuah Pengantar. Bandung : Private Publishing
  3. Sumaatmadja, Nursid. 1988. Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung : Alumni
  4. Sya, Ahman. 2011. Pengantar Geografi. Bandung : LPPM Bina Sarana Informatika
  5. Suharyono dan Moch. Amien. 2013. Pengantar Filsafat Geografi : Yogyakarta : Ombak
  6. Yunus, H.S. 2008. Konsep Dan Pendekatan Geografi : Memaknai Hakekat Keilmuannya. Disampaikan dalam sarasehan Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Geografi Indonesia. Yogyakarta : Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

8 thoughts on “Aspek Geografi

  1. fadli

    trima kasih pak atas infonya. saya sedang ada tugas mengenai konsep pndkatan, perkmbangan ilmu geog, riang lngkup geog, konsep esensial, prinsip & knsep geog, ilmu pnjng geo,n objek. klo blh mnta bntuan tlng mnta dta yang lngkapnya cos ni tgas bwt Ujn praktek trus prsiapn UAN. s’X lg trma ksh

  2. MIDO

    BAPAK PERNAH IKUT semlok 1988 semarang? jadi umur bapak pada waktu itu sepuluh tahun ya ………….. thank you bapak

  3. Mr.Satan

    WEB NYA WAGU ABISSSSSSSSSSSSS GA DA ISISNYA !!!!!!!!!!
    ANDI He he he,…. ajarin dong Mr. Satan, gimana cara ngebuat Web/Blog biar ndak wagu. Jangan jadi penggoda dan pengganggu saja. He he he

Komentar ditutup.