ASPEK-ASPEK GEOGRAFI


Willian Kirk menyusun struktur lingkungan geografi menjadi 2, yaitu :

1. Aspek Fisikal

Aspek fisikal geografi meliputi :

a. Aspek Topologi

Membahas hal-hal yang berkenaan dengan letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka buminya, luas area dan batas-batas wilayah yang mempunyai ciri-ciri khas tertentu.

b. Aspek Biotik

Membahas karakter fisik dari manusia, hewan dan tumbuhan

c. Aspek Non Biotik

Membahas tentang tanah, air dan atmosfer (termasuk iklim dan cuaca)

2. Aspek NonFisik

Aspek ini menitikberatkan pada kajian manusia dari segi karakteristik perilakunya. Pada aspek ini manusia dipandang sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya. Beberapa kajian pada aspek ini antara lain :

a. Aspek Sosial

Membahas tentang adat, tradisi, kelompok masyarakat dan lembaga sosial.

b. Aspek Ekonomi

Membahas tentang industri, perdagangan, pertanian, transportasi, pasar dan sebagainya

c. Aspek Budaya

Membahas tentang Pendidikan, agama, bahasa, kesenian dan lain-lain.

d. Aspek Politik

Misalnya membahad tantang kepartaian dan pemerintahan.

About these ads

8 Komentar to “ASPEK-ASPEK GEOGRAFI”

  1. trima kasih pak atas infonya. saya sedang ada tugas mengenai konsep pndkatan, perkmbangan ilmu geog, riang lngkup geog, konsep esensial, prinsip & knsep geog, ilmu pnjng geo,n objek. klo blh mnta bntuan tlng mnta dta yang lngkapnya cos ni tgas bwt Ujn praktek trus prsiapn UAN. s’X lg trma ksh

  2. wahhhh…terimaksh pak atas infonya…
    saya jg guru geo di SMA Padang SUMBAR

  3. BAPAK PERNAH IKUT semlok 1988 semarang? jadi umur bapak pada waktu itu sepuluh tahun ya ………….. thank you bapak

  4. WEB NYA WAGU ABISSSSSSSSSSSSS GA DA ISISNYA !!!!!!!!!!
    ANDI He he he,…. ajarin dong Mr. Satan, gimana cara ngebuat Web/Blog biar ndak wagu. Jangan jadi penggoda dan pengganggu saja. He he he

  5. makashih ya buat inpoNa. . .mbantu bhuanget!!!

  6. thx iaa.. ataz artikel.a..
    saya jdi terbantu dlm mengerjakan pr..
    ^-^

  7. mau minta tolong dong…bisa kasih contoh kasus dalam aspek fisik ga?[yang topologi aja]

  8. Mas, infonya keren.. saya termasuk yg tertarik dgn bumi, trmasuk ilmu geografi. Belakangan ini saya jg lg mengembangkan ilmu ttg topografi orienterring. Mas bagi2 ilmu ttg navigasi darat yaa… (nyambung ga sih komenku?)

    Putty Angelica

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 150 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: