Lithosfer


Litosfer adalah lapisan kulit bumi paling luar yang berupa batuan padat. Secara berurutan dari yang terluar, lithosfer terdiri dari :

  1. Kerak Bumi
  2. Selubung Atas
  3. Selubung Bawah
  4. Inti Luar
  5. Inti dalam

Kerak bumi memiliki ketebalan lapisan yang tidak sama di semua tempat. Tebal kerak bumi di bawah benua mencapai 20 – 50 km, sedangkan kerak bumi di bawah samudera sekitar 10 – 12 km. Kerak bumi disusun oleh 2 lapisan pembentuk yaitu :

  1. Lapisan Sial (Silisium dan Aluminium), yang berada di bagian atas.
  2. Lapisan Sima (Silisium dan Magnesium), yang berada di bagian bawah.

Lapisan kerak bumi paling luar disebut lapisan granitis, karena dibentuk oleh materi penyusun yang dominan yaitu batuan granit dengan ketebalansekitar 10 km. Lapisan di bawahnya disebut lapisan basaltis, dibentuk oleh lapisan penyusun dominan berupa materi basalt bersifat basa dengan ketebalan mencapai 50 km.

About these ads
Tag:

2 Komentar to “Lithosfer”

  1. mari kita terus perjuangkan geografi!!!

  2. Numpang Share Maz Admin :
    artikelnya bagus banged.. saya nambah dikit yaa.. matur Nuwun mas.. IJIN yang Punya (sambil bakar menyan) hehehehe

    Mulai tahun 2008 bagi guru yang lulus sertifikasi guru akan mendapatkan tunjangan profesional yang besarnya sama dengan satu kali gai pokok, jadi seorang guru akan mendapatkan dua kali lipat gaji pada tahun 2007, Namum Buwat Rekan Rekan yang Belum sertifikasi atau yang udah sertifikasi Pun dapat Menambah penghasilan dari Internet Caranya Gampang, CUKUP daftar di sini Klick DAFTAR
    Nah ini gak basa basi deh..
    Ntah dah basi atau ngak ?? saya cuma mo bagi Informasi.. saatnya jadi Guru tanpa sertifikasi tapi dapat uang dari Internet..

    saya gak bakal bahas Google adsense atau sejenis nya disini..
    saya juga gak bakal Nipu atau minta Pengguna buat Download sesuatu dari Link yang Payable Download.. Like Ziddu or BizHat..!!nah Gimana caranya?? Klick DAFTAR Stay Tune..!!
    Oh ya Jangan Lupa ntar SIGN UP daftar GITU…

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 140 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: