BIOMA STEPA (Padang Rumput)


Bioma Stepa (Padang Rumput) terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Bioma Stepa berbeda dengan Bioma Sabana. Perbedaan yang cukup antara Stepa dengan Sabana adalah :

  • Pada bioma Sabana merupakan padang rumput yang diselingi oleh kumpulan pepohonan besar, sedangkan pada bioma Stepa merupakan padang rumput yang tidak di selingi oleh kumpulan-kumpulan pepohonan, kalaupun ada hanya sedikit saja pepohonan yang ada.
Padang rumput tanpa diselingi kumpulan pepohonan

Bioma Stepa : Padang rumput tanpa diselingi kumpulan pepohonan

Ciri -ciri bioma Stepa antara lain :

  1. Curah hujan tidak teratur, antara 250 – 500 mm/tahun
  2. Tanah pada umumnya tidak mampu menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik sehingga menyebabkan rumput-rumput tumbuh dengan subur.
  3. Beberapa jenis rumput mempunyai ketinggian hingga 3,5 m
  4. Memiliki pohon yang khas, yaitu akasia
  5. Wilayah persebaran bioma Stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia.

Beberapa flora yang hidup di daerah bioma Stepa contohnya adalah :

Pohon Akasia dan Semak Belukar

Pohon Akasia dan Semak Belukar

Karena merupakan daerah padang rumput maka bioma ini bayak dihuni oleh beberapa herbifora dan karnifora, contohnya antara lain :

Rusa - Antelop - Kerbau

Rusa - Antelop - Kerbau

Kanguru - Harimau - Singa - Ular

Kanguru - Harimau - Singa - Ular

About these ads
Tag: ,

20 Komentar to “BIOMA STEPA (Padang Rumput)”

  1. Lumayan……….
    Bagus…
    Tolong jelasin tentang tingkat prositas tu apa?..

  2. stepa di Indonesia ad ga?

  3. wiiihh manfaat sekali nic. makacih

  4. curah hujan nya mana ???

  5. apaan ni???

  6. wah, makasih banyak iaa…

  7. Jika ingin mengetahui keadaan stepa di dunia, apakah harus dikunjungi satu per satu? Jika iya, ada berapakah stepa yang ada di dunia ini ?

  8. kurang lengkap coy

  9. okeng deh… mantep! thx!

  10. taneman yg ada di stepa apa aja??

  11. sbenernya bagus, tapi ko kurang lengkap dan kurang penjelasan ya?
    jadi cuma terpaku sama prtanyaan aja..
    tapi udh cukup bagus, thx banget yaa ..

  12. thanks bgT yE……
    gw jD tamBh pngeThuan nIE……..

  13. sapa si nie yang buat..

    makasi bener..

    bantu bener cari tugas..

    smoga amal ibadah mu di terima allah swt..

    muacĀ²

  14. hahah
    tks beribu kali
    akhirnya tgs q kelar jg

  15. wuaaach…! cape gua bacha na…. tpi seru amat loooh! dah gituW nmbah pngtawan GE…!

  16. thank’x yach…

    2 bntuan’na,,

    w’ jd bisa kerjain tugas biologi’na w’…
    zkayi lg thank’x yah….
    Gbu

  17. wah,makasih banget,jadi tau deh penjelasannya stepa….

  18. oh
    gitu
    toh
    thanks
    gw bisa
    nyontek
    buat
    kerjain
    tugas
    sekali
    lagi thanks

  19. thanks..
    gw jdi tau stepa tuh ada di mana ajj…
    cZ bwt tugas sklh ni…

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 152 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: