BIOMA TUNDRA


Bioma Tundra dan Persebarannya di Dunia

Biosfer

= – = – =

Adanya ekosistem bioma yang berbeda-beda di bumi dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Faktor yang mempengaruhi tersebut dapat berupa faktor penyebab persebaran seperti tekanan populasi, faktor media persebaran seperti aliran air dan arah angin serta faktor yang menghambat persebaran seperti kondisi iklim, tanah, bentuk muka bumi hingga kondisi biologis flora fauna itu sendiri.

Biosfer - Bioma Tundra

Bioma yang tersebar di permukaan bumi terbagi dalam 7 wilayah besar yaitu bioma hutan hujan tropis, bioma sabana, bioma stepa, bioma gurun, bioma hutan gugur, bioma taiga dan bioma tundra. Pada postingan ini akan dibahas mengenai bioma tundra dan persebarannya di permukaan bumi.

Persebaran Bioma Tundra

Bioma tundra merupakan bioma yang terdapat di daerah lingkar kutub utara dan selatan. Pada bioma ini tidak terdapat pepohonan yang dapat tumbuh, yang ada hanya tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. Persebaran bioma Tundra dapat kalian amati pada peta persebaran berikut ini :

Peta persebaran Bioma Tundra

Dari peta di atas dapat kita ketahui bahwa wilayah persebaran bioma Tundrea terdapat di sekitar lingkar Artik yaitu Greenland, Alaska dan Siberia bagian utara di wilayah kutub utara. Di wilayah kutub selatan terdapat di Antartika dan pulau-pulau kecil disekitar Antartika.

Selain di lingkar kutub utara dan selatan, ekosistem bioma tundra juga terdapat di daerah-daerah pegunungan tinggi yang dingin dan bersalju (es) seperti pegunungan Andes di Amerika Selatan dan pegunungan Himalaya di India.

Ciri-ciri Bioma Tundra

Karena terletak di lingkar kutub utara dan selatan maka bioma tundra berdasarkan pembagian iklim terdapat di daerah beriklim es abadi (EF) dan iklim Tundra (ET). Bioma Tundra memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Hampir semua wilayahnya tertutup oleh salju/es.
  2. Curah hujan antara 100 – 250 mm pertahun
  3. Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS.
  4. Tidak ada pohon besar yang dapat hidup, hanya tumbuhan-tumbuhan pendek semusim.
  5. Usia tumbuh tanaman sangat pendek, berkisar antara 30 – 120 hari (1 – 4 bulan)

Flora dan Fauna Bioma Tundra

Jenis-jenis vegetasi yang dapat hidup di bioma tundra misalnya lumut kerak, rumput teki, tumbuhan terna, dan semak-semak pendek.

  • Pada daerah yang berawa jenis vegetasi yang ada misalnya rumput teki, rumput kapas dan gundukan gambut (hillock tundra).
  • Di cekungan yang basah seperti di Greenland terdapat semak salik dan bentula.
  • Di tempat yang agak kering ditumbuhi lumut, teki-tekian, ericeceae, dan beberapa tumbuhan yang berdaun agak lebar.
  • Di lereng-lereng batu terdapat kerak, lumut dan alga.
Alga, kerak, rumput teki, rumput kapas, terna dan ericcaceae

Searah jarum jam : Alga, kerak, rumput teki, rumput kapas, terna dan ericcaceae

Karena memiliki iklim es abadi dan iklim tundra, maka wilayah bioma tundra selalu bersuhu dingin sehingga fauna yang terdapat di wilayah ini memiliki bulu dan lapisan lemak yang tebal untuk tetap membuat tubuhnya hangat. Contoh fauna di bioma tundra misalnya rus, rubah, kelinci salju, hewan-hewan pengerat, hantu elang, dan beruang kutub.

Burung Hantu - Burung Elang dan Beruang Kutub

Burung Hantu – Burung Elang dan Beruang Kutub

Jenis-jenis burung yang hidup di bioma tundra misalnya : itik, angsa, burung elang dan burung hantu. Mamalia darat berkaki empat yang berbulu tebal dan besar misalnya Muskox.

Muskox - mamalia darat berbulu lebat di bioma Tundra

Muskox – mamalia darat berbulu lebat di bioma Tundra

Selain beberapa jenis di atas, bioma tundra juga mempunyai fauna khas yang lain misalnya penguin. Fauna khas yang hidup di air misalnya paus Beluga (paus putih), paus Narwhal (paus bertanduk) dan Walrus

Narwhal - Penguin - Paus Beluga

Narwhal – Penguin – Paus Beluga

Itulah tadi ringkasan persebaran bioma Tundra di permukaan bumi, ciri-ciri dan contoh flora fauna yang hidup di dalamnya. Untuk menyimak ringkasan materi bioma tundra dalam bentuk video dapat anda lihat di link berikut :

Sumber Tulisan :

  1. Aribowo, Yoga. 2007. Geografi untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Ganeca Exact
  2. Suharini, Erni & Panlangan, Abraham. 2014. Biogeografi. Yogyakarta : Ombak
  3. Yulir, Yulmadia. 2007. Geografi 2 : SMA Kelas XI. Bogor : Yudhistira

= – = – =

Terimakasih atas kunjungannya.

Mohon kritik dan sarannya

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

14 thoughts on “BIOMA TUNDRA

  1. Marcia Phillia

    Terima Kasih banyk buat informasinya.situs ini sangat bermanfaat untuk saya karena penjelasan yg dibutuhkan sangat lengkap dan jelas disertai dgn gambar yg menarik.

  2. Ping balik: XXXTra Channel

Komentar ditutup.