BELAJAR Sistem Informasi Geografi (2)


Kita memberikan suatu materi pelajaran kepada siswa, maka guru dituntut untuk menguasai materi tersebut. Pendek kata kata harus lebih dulu bisa dibanding muridnya. Berkaitan dengan materi pelajaran Geografi di SMA/MA, misalnya materi tentang Sistem Informasi Geografi maka guru Geografi akan mendapat “tuntutan” yang harus dipenuhi yaitu penguasaan materi SIG secara teoritis maupun praktis. Teori adalah bahan dasar materi yang akan kita ajarkan, kalau guru benar-benar menguasai materi SIG tersebut secara teori maka kesiapan dalam mengajar akan menjadi sesuatu yang ringan. Terlebih jika guru tersebut mampu menguasai SIG secara praktis, misalnya mampu membuat peta/pemetaan berbasis komputer. Sekarang adalah jamannya teknologi yang maju dan modern. Hampir semua bidang di kehidupan dunia ini menggunakan teknologi yang sudah demikian canggih. Teknologi Informasi tumbuh berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi komputer, sehingga sistem informasi yang ada sekarang semuanya sedang berbasis komputer, misal Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Perpustakaan, dll. Sistem Informasi Geografi juga berkembang dengan basis komputer sebagaimana sistem-sistem informasi yang lain. Perangkat pendukung yang digunakan untuk mengoperasikan SIG adalah hardware, software dan tentunya kemampuan dari kita yaitu brainware. Jika kita dapat mengoperasikan software SIG maka kita dapat sendiri membuat contoh-contoh hasil SIG misalnya peta penggunaan lahan baik dalam bentuk file maupun output yang berupa peta digital hasil print out. Tidak harus membuat peta wilayah tertentu, cukup dengan sembarang menggambar peta. Dengan sarana prasarana LCD Proyektor kita bisa menunjukkan lebih banyak contoh-contoh peta digital hasil keluaran SIG, atau mengajak siswa melakukan kegiatan analisis suatu peta. Jika waktu banyak dan memungkinkan bisa juga mengajari siswa membuat peta sederhana dengan menggunakan software SIG.

Untuk mengoperasikan software SIG butuh komputer dengan spesifikasi hardware tertentu, jika anda membeli komputer baru dengan spesifikasi prosesor Intel/AMD dengan kecepatan minimal 2 GHz, RAM 1 GB, Harddisk 40 GB maka bisa saya katakan komputer anda sudah cukup untuk menjalankan software SIG yang terbaru sekalipun misalnya ARCGIS 9.2. Software Sistem Informasi Geografis sekarang ini sudah banyak macamnya, mulai dari software SIG untuk pemetaan digital, olah citra, pemodelan spasial 3 dimensi maupun pembuatan sistem informasi spasial. Bebarapa contoh software SIG antara lain misalnya :

1. Software Pemetaan Digital misalnya Arc Info, Arc View, ARCGIS dan MAP Info

2. Software Olah Citra misalnya Ermapper dan Envi

3. Software pemodelan spasial 3D misalnya Surfer

4. Software Sistem Informasi Spatial misalnya Avenue

Beberapa sofware di atas bersifat shareware (berbayar) sehingga kita harus mengeluarkan biaya untuk membelinya. Jika ingin software SIG yang gratis kita bisa menggunakan software GIS opensource seperti QuantumGIS yang bisa anda download di link di bawah ini

www.download.qgis.org

Software QuantumGIS ini cukup mudah digunakan/user friendly, jika anda kesulitan bisa buka tools helpnya maka di dalamnya akan terdapat panduan dalam mengoperasikan software tersebut. Selamat mencoba.

Tag:

6 Komentar to “BELAJAR Sistem Informasi Geografi (2)”

  1. @Nashirudin :
    Sofware Arc Viewnya saya ada tapi filenya cukup besar tuh mas. Trus biasanya file application (format exe) akan ditolak pada saat di attach/dilampirkan. Gimana?

  2. Mas,tolong doong dikasih software arcview.tolong kirim lewat email ya?aku butuh bangaet buat tugas akhirku?

  3. hallooooo…salam semuanya. Merdeka
    mas2 n mbk2 ada yg punya manual ArcGIS untuk pemodelan arcGIS 9x……dalam bahasa indonesia atu dimana bisa aku dapatkan tlg informasinya
    salam buat GIS mania

  4. bagaimana cara-cara mendigitasikan peta dengan mengunakan aplikasi SIG professional 8.0

  5. Mas, metode pembelajarannya jangan cuma ringkasannya. Tapi penjelasannya yang detil tentang bagaimana cara pelaksanaannya. Gitu.

  6. Kalau punya, materi tutorial SIG mas. Arc View atau Map Info. Buat inget-inget, dulu pernah kursus tapi udah lama sekali. Waktu itu masih Arc View yang digitasinya masih pakai Autocad lalu konversinya pake Arc Info. Kalo ada tutorialnya satu program langsung jadi

%d blogger menyukai ini: