MOBILE LEARNING-Pembelajaran Berbasis HP. Sebuah terobosan pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan.


Hari Sabtu, 22 Mei 2010  mewakili Madrasah saya menghadiri undangan acara Launching dan Talkshow Program Mobile Learning. Program aplikasi Mobile Learning ini merupakan sebuah software pembelajaran yang memanfaatkan Handphone sebagai media untuk kegiatan belajar siswa. Program ini diciptakan oleh lembaga pendidikan GCM Ednovation (Generasi Cerdas Mandiri – Education Inovation) menggunakan pemrograman Java, sebuah bahasa pemrograman yang mampu membuat aplikasi dalam ukuran kecil sehingga dapat diinstall dalam Handphone. Ide awal dari pembuatan ini sebenarnya sederhana, berawal dari semakin menjamur dan murahnya harga Hanphone maka timbullah pemikiran dari sang pencetus ide tersebut. Handphone sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk di dalamnya pelajar, maka bagaimana jika dalam handphone itu diberi fitur untuk kegiatan pembelajaran. Mobile Learning berbasis HP ini bersifat offline, artinya tidak perlu menghabiskan pulsa untuk browsing internet.

Struktur Mobile Learning terdiri 2 macam software yang dapat diinstall langsung pada handphone dan basis data yang dapat di update. Untuk basis data karena berukuran cukup besar disarankan untuk diinstall di memory eksternal dari handphone yang bersangkutan. Software aplikasi mobile learning tersebut antara lain :

1. GEBOOK – GCM Ednovation Book

Sebuah aplikasi yang berisi beraneka macam buku elektronik yang berisikan materi pelajaran umum, terutama untuk SMA sejumlah 9 mata pelajaran yang diUNASkan. Berbagai fitur dalam aplikasi ini cukup memudahkan bagi pengguna.

2. GETOP – GCM Ednovation Try Out Plus

Sebuah aplikasi yang berisi kumpulan soal Try Out yang berjumlah ribuan soal. Selain soal Try Out juga terdapat bank soal UNAS 10 tahun terakhir, soal SMPTN, soal UM-UGM dan masih banyak lagi.

Dalam demo dan penjelasan dari beberapa staff yang bertugas cukup membuat saya terkesan pada aplikasi ini. Hanya saja masih terdapat kekurangan yang masih membuat aplikasi ini mungkin belum bisa digunakan secara cepat oleh masyarakat, yaitu :

  1. Fitur untuk membuat interaksi antara guru dengan siswa dalam memanfaatkan software ini belum ada.
  2. Berkaitan dengan sertifikat aplikasi yang belum dimiliki, maka software ini untuk sementara baru bisa diaplikasikan dengan baik pada handphone buatan Cina, terutama Tiphone.

Namun menurut pihak GCM Ednovation selaku developer hal tersebut sedang mereka usahakan, mari berharap semoga hal tersebut segera terealisasi dan dalam waktu dekat program ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi aplikasi GEBOOK dan GETOP ini bersifat gratis untuk digunakan.

Untuk mendownloadnya anda dapat browsing ke http://gcmednovation.com, dan terdapat dua software yang dapat anda unduh (dengan catatan : baru ampuh untuk hp qwerty merk Tiphone).

Selain acara launching, Mobile Learning juga mendapat penghargaan dan masuk ke dalam Museum Rekor Indonesia dan Dunia (MURI) sebagai Program Pembelajaran Berbasis HP pertama di Indonesia. Penyerahan penghargaan tersebut diberikan setelah acara Talkshow yang membahas mengenai Mobile Learning. Acara Talkshow dipandu oleh Agung Baskoro (Juara I The Next Leader 2009 MetroTV) dengan pembicara/nara sumber Rio Tanjung (Dirut GCM Ednovation), Pak Edi (Chief Director MASTEL), Ibu Yati Utami (Guru Berprestasi DIY), Ikhsan Brilianto (Siswa Berprestasi DIY), dan ibu Linna (Dosen Psikoteknologi UGM).

Sebuah rangkaian acara yang menarik dan semoga semakin memajukan pendidikan Indonesia

Tag:

7 Komentar to “MOBILE LEARNING-Pembelajaran Berbasis HP. Sebuah terobosan pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan.”

  1. maju terus GCM Ednovation, sya jug tertarik dg M-Learning, n sekarangsy juga sdg mengembangkan aplikasi M-Learning, dg bsis WAP,mdh2n bs mjdi inspirasi GCM Ednovation utk mengembangkannya..

  2. Kami tinggal di desa pelosok tp sangat berminat sekali untuk pembelajaran anak2.gmn cara mendapatkannya dan kira2 harganya berapa?

  3. Sungguh Inovasi yg sangat berharga dan terlebih lagi saya sangat berterimaksih kepada semua yg terlibat di GCMednovation karena memberikannya secara GRATIS. Kemarin jumat malam saya menonton tatap muka GCMednovation di Metro TV dan siang ini langsung saya kunjungi situs ini.

    Terimakasih sekali lagi, semoga semua hambatan yang saat ini masih dihadapi GCMednovation segera teratasi oleh karena bantuan-NYA, amin!

  4. Saya setuju banget.. Infonya sangat menarik nih patut dicoba
    Mampir bentar bro ke blog saya.. Lumayan kok isinya

  5. makasih banyak infonya

  6. Terima kasih Pak sudah menyampaikan kekurangan dan kelebihan program mobile learning kami.
    Tanggapa kekurangan pertama: Interaksi antara guru dan siswa masih dalam proses pembuatan Pak. Mudah2an, maksimal Agustus sudah rilis.
    Tanggapan Kekurangan kedua: Kami bisa membuat inovasi kami dapat digunakan dengan baik di hampir semua jenis Hp, tetapi pihak (vendor) Hpnya (kecuali tiphone) belum mengizinkan..mungkin karena dulu kami belum memiliki nama.

    Terima kasih
    Best regard,
    Saevul Amri
    GM GCM ednovation

%d blogger menyukai ini: