STUDI MERAPI 13


PETA RUPA BUMI INDONESIA WILAYAH MERAPI

Oleh : Budi Setiyarso

22 Nopember 2010

Logo BNPB

Logo BNPB

BNPB merilis Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) hasil kerjasama dengan Bakosurtanal dengan menambahkan informasi seputar kebencanaan Merapi 2010 seperti informasi :

– Zona ancaman Merapi tanggal 19 Nopember 2010 yaitu :

Area zona ancaman Sleman hingga arah Kali Boyong ke barat 10 Kilometer. Daerah tersebut meliputi dua desa di Kecamatan Turi (Girikerto dan Wonokerto). Arah Kali Boyong ke timur menjadi 15 kilometer. Zona ini berada di lima desa di Kecamatan Cangkringan Arogomulyo, Glagaharjo, Kepuharjo, Umbulharjo, Wukirsari). Area zona bahaya di Magelang menjadi 10 kilometer, Boyolali menjadi 5 kilometer dan Klaten menjadi 10 kilometer.

Zona ancaman Merapi 19 Nopember 2010

Zona ancaman Merapi 19 Nopember 2010

– Daerah potensi banjir (daerah yang diidentifikasi kemungkinan mengalami penggenangan saat banjir atau banjir lahar dingin), dengan penetapan radius tertentu atau mempertimbangkan topografi mikro tepi sungai dan morfologi tepi sungai seperti dataran banjir, teras sungai atau berbatasan tanggul alam. BNPB membahasakannya sebagai daerah aliran sungai (DAS), padahal secara teori daerah aliran sungai (DAS) dapat diartikan sebagai kawasan yang dibatasi oleh pemisah topografis yang menampung, menyimpan dan mengalirkan air hujan yang jatuh di atasnya ke sungai yang akhirnya bermuara ke danau/laut (Manan, 1979). Jadi menurut saya kurang tepat jika daerah kemungkinan penggenangan yang mendasarkan pada jarak, relief dan morfologi alami tersebut disebut DAS. Karena hakikatnya seluruh wilayah akan masuk dalam DAS tertentu, tidak seperti di dalam peta.

– Informasi lokasi dusun lengkap sehingga dengan peta ini kita dapat mengidentifikasi kemungkinan serangan lahar dingin pada suatu dusun.

RBI Merapi

RBI Wilayah Merapi

Download peta ukuran utuh

2 Komentar to “STUDI MERAPI 13”

  1. semoga duka ini segera berakhir ya pak,

%d blogger menyukai ini: