STUDI BROMO 3


INFORMASI RUPA BUMI GUNUNG BROMO

Budi Setiyarso

26 Nopember 2010

Komplek Kaldera Tengger

Komplek Kaldera Tengger

Berdasarkan data Peta Rupa Bumi Indonesia lembar 1608-122 (Tosari), saya mendapatkan informasi ruang tentang Kaldera Tengger dan sekitarnya. Peta tersebut diterbitkan oleh BAPPEDAPROV Jawa Timur yang bekerjasama dengan Fakultas Geografi UGM.

Adapun informasi tersebut antara lain :

1. Penggunaan lahan

Informasi terkait penggunaan lahan di Kaldera Tengger dapat diidentifikasi bahwa komplek di dalam kaldera sebelah timur hingga utara didominasi pasir darat yang merupakan lokasi pengendapan hasil erupsi. kemudian komplek tengah kaldera yang terdiri dari dari lima gunung api tersebut mayoritas memiliki penggunaan lahan tegalan dan bukan hutan.

Peta Penggunaan Lahan

Peta Penggunaan Lahan

2. Kemiringan lereng

Persebaran kelas kemiringan lereng dapat diamati dalam peta berikut ini :

Peta Lereng

Peta Lereng

Di dalam kaldera tengger terutama daerah yang merupakan pasir darat memiliki kemiringan kelas I (0-2%), hal ini dapat disimpulkan komplek tersebut merupakan dataran. Untuk wilayah lain terutama di tengah kaldera dan lereng di tepi kaldera mayoritas memiliki kemiringan kelas VI (>40%). Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa Kaldera Tengger merupakan dataran luas di atas gunungapi.

3. Lahan kritis

Berdasarkan peta dibawah ini dapat dilihat persebaran lahan kritis di komplek Kaldera Tengger. Menurut peta daerah yang diidentifikasi sebagai lahan kritis di komplek tengger dan sekitarnya sangat luas dan tersebar di lereng-lereng penyangga kaldera serta di tengah kaldera dimana terdapat gunungapi.

Peta Lahan Kritis

Peta Lahan Kritis

Peta-peta ini nantinya akan saya turunkan untuk analisis seputar kebencanaan Gunung Bromo.

%d blogger menyukai ini: