STUDI BROMO 4


MITIGASI DAN TANGGAP DARURAT GUNUNG BROMO

Budi Setiyarso

27 Nopember 2010

Kaldera Tengger

Kaldera Tengger

Mitigasi Bencana (peredaman) adalah istilah yang digunakan untuk menujukkan pada semua tindakan untuk mengurangi dampak dari suatu bencana yang dapat dilakukan sebelum bencana itu terjadi, termasuk kesiapan dan tindakan-tindakan pengurangan risiko jangka panjang.

Bakosurtanal telah memetakan mitigasi bencana Gunung Bromo dalam rangka meminimalisir korban dan kerugiannya dengan menginformasikan lokasi pengamatan gunungapi, lokasi barak pengungsian, jalur evakuasi dan arah jalur evakuasi sebagai berikut :

Mitigasi Bencana Bromo

Mitigasi Bencana Bromo

Download

Peta di atas saya kembangkan untuk membuat jalur tanggap darurat ketika seseorang berada di Kaldera Tengger atau dibibir kaldera dan secara tiba-tiba terjadi erupsi. Sebelumnya pahami dahulu pengertian tanggap darurat berikut ini :

Tanggap darurat adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan, yang meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana.

Aktivitas tanggap darurat bencana Gunung Bromo harus memperhatikan tipe erupsi. Jika erupsi menunjukkan tanda-tanda letusan efusif sebaiknya jalur tanggap darurat mengikuti medan naik terdekat karena kaldera akan segera dipenuhi aliran piroklastik dan lava. Medan yang dimaksud adalah bibir kaldera yang berada di sebelah utara, barat dan selatan. Dan sebaiknya tidak mengikuti jalur timur laut, karena jalur ini akan berubah menjadi sungai jika Kaldera Tengger membludag. Lagipula bibir kaldera bagian ini yang paling rawan jebol. Jalur tanggap darurat efusif ditunjukkan dengan anak panah berwarna kuning.

Namun jika letusannya eksplosif sebaiknya mengikuti jalur timur laut. Hal ini dikarenakan medannya lebih landai dari bibir kaldera yang lain. Selain itu akses jalannya lebih mudah karena merupakan pintu masuk utama ke Kaldera Tengger. Kalau membawa kendaraan lebih baik mengikuti jalur ini. Jalur ditunjukkan dengan anak panah berwarna merah.

Jalur Tanggap Darurat

Jalur Tanggap Darurat

%d blogger menyukai ini: