Oleh-oleh Workshop Manajemen Bencana di UGM


Pada hari Jumat tanggal 4 Februari 2011 saya mengikuti kegiatan Workshop sehari yang dilaksanakan di Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada. Kegiatan Workshop ini merupakan rangkaian awal kegiatan dari Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA 2011 yang mengetengahkan tema ” Kontribusi Geografi Terhadap Upaya Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”, yang dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Februari 2011. Kegiatan Olimpiade Geografi ini mayoritas  diikuti oleh  siswa-siswa SMA di daerah DIY dan Jawa Tengah, tetapi dari yang saya lihat kemarin diikuti beberapa sekolah dari luar Jateng dan DIY, bahkan ada teman dari Sumatera Selatan yang mendampingi siswa untuk kegiatan tersebut. Hmmm… luar biasa, sebuah semangat yang patut di tiru. Salut buat Pak Joni dari Muaraenim, semoga semakin semangat saja dan terus berkarya, dan thanks atas diskusi yang telah kita share satu sama lain.

Saya sendiri datang tidak datang bersama siswa-siswa karena madrasah kami tidak mendapat pemberitahuan mengenai acara tersebut. Saya datang atas pemberitahuan dari pihak panitia penyelanggara yang menulis di comment area pada salah satu postingan blog saya ini.

Workshop yang dilaksanakan dari jam 09.00 WIB – 16.00 WIB ini mengambil tema ” Analisis Dampak Bencana dan Usaha Penanganannya Melalui Aplikasi Sistem Informasi Geografis”. Sebelum  workshop dimulai pada sekitar 1 jam sebelumnya di laksanakan forum tanya jawab seputar geografi. Ada beberapa masalah yang diajukan oleh peserta, dan dari sekian permasalahan tersebut diangkat permasalahan klasik yang sekian lama menjadi bahan pembicaraan bagi kita guru geografi di Indonesia terutama geografi SMA, yaitu meta pelajaran Geografi di SMA hanya diajarkan di jurusan IPS padahal begitu ke perguruan tinggi ternyata Geografi masuk ke kelompok eksak. Hal ini menjadi masalah manakala peserta didik yang telah lulus akan melanjutkan ke PT ternyata tidak dapat memilih prodi-prodi yang terdapat Fakultas Geografi karena syarat awalnya adalah lulusan jurusan IPA. Dari sharing tersebut ada jawaban dari pihak panitia penyelanggara yang cukup memberi kesejukan, bahwa pihak UGM sudah membawa permasalahan ini di Kemendiknas. Mari berdoa semoga hasilnya bisa sesuai dengan harapan kita, para guru Geogafi.

Pada sesi pertama dan kedua sebelum break isoma, kegiatan diisi dengan ceramah mengenai manajemen bencana yang di sampaikan oleh 2 narasumber yaitu :

  1. Bapak  Taufik Heri Purwanto, S.Si. M.Si. selaku kepala Laboratorium SIG Prodi Kartografi dan Penginderaan Jauh, Jurusan Sains Informasi Geografi dan Pengembangan Wilayah Fakultas Geografi UGM, dan
  2. Joko Christanto, Staf Pengajar pada Prodi Pembangunan Wilayah, Jurusan Sains Informasi Geografi dan Pengembangan Wilayah Fakultas Geografi UGM

Pada 2 sesi itu disampaikan bagaimana sebaiknya tindakan manusia dalam memanajemen bencana dan demontrasi pemanfaatan SIG untuk menganalisis dampak bencana. Sebuah demosntrasi yang membuat saya semakin kagum dengan program-program SIG yang ternyata semakin hari semakin maju, …. dan juga terbengong-bengong si. Maklum, jika meminjam istilah dari pak Joni saya ini termasuk lulusan JAMBI alias Jaman Mbiyen, he he. Ya… berhubung maunya mengikuti terus perkembangan teknologi SIG tapi lebih banyak keteterannya.

———

Lepas sholat Jumat acara workshop dilanjutkan pada sesi 3, peserta workshop menuju ruangan laboratorium SIG. Di lab ini kami di ajari pengoperasian software ARCGIS secara praktis (karena waktunya cuma 1,5 jam) dengan materi analisis dampak bencana seperti yang telah di demokan oleh pak Taufik pada sesi 1. Hmmmm… senangnya akhirnya bisa sedikit-sedikit mengoperasikan ARCGIS. Komputer di rumah sudah lama terinstall ARCGIS 9.2., tapi berhubung nggak bisa mengoperasikan dan males mbaca tutorialnya akhirnya cuma jadi pemenuh harddik saja. Selain itu karena udah terlanjur akrab dengan ArcViewdan  SURFER akhirnya dua program itulah yang rutin saya buka.

Jam 16.00 WIB acara workshop ini selesai dan sayapun pulang dengan membawa oleh-oleh ilmu  yang tak ternilai harganya. Bagi rekan-rekan yang menginginkan hasil workshop tersebut dapat mendowload beberapa file yang telah saya lampirkan di link-link berikut ini. Tidak semua file saya upload karena ada beberapa yang filenya terlalu besar (file bajakan lagi) dan juga karena pada saat saya meng-copy salah satu  file tersebut saya belum sempat minta ijin untuk mengupload di blog.

File Presentasi Powerpoint  SIG MERAPI OLYMPIADE GEOGRAFI 2011

Makalah SIG untuk Kebencananaan

Tutorial Pengoperasian ARCGIS ArcMap_Tutorial

dan beberapa file-file peta yang dapat digunakan untuk latihan di software ARCGIS

Foto Udara – Citra Landsat Daerah Istimewa Yogyakarta

Foto Udara -Citra ASTER Lereng Merapi Bagian Selatan (ISleman)

Peta Tematik Lereng Merapi Bagian Selatan (Sleman)

Peta Dasar Lereng Merapi Bagian Selatan (Sleman)

3D – Merapi

Data Lapangan (Koordinat UTM Lokasi Fak. Geografi UGM dan Rumah Mbah Maridjan)

Dan citra foto udara -IKONOS dalam bentuk file dengan format .sid yang bisa dibuka di program ARCGIS, tetapi berhubung saya upload berkali-kali masih trouble untuk sementara belum dapat dapat didownload. Mohon maaf atas kekurangannya.

Terimakasih atas kunjungannya.

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

%d blogger menyukai ini: