Rekor Dunia


GUNUNG EVEREST TERNYATA BUKAN GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Oleh : Budi Setiyarso

Gunung Everest

Gunung Everest

Hampir semua orang tahu bahwa Mount/Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Bukan hanya di kalangan ilmuan /geologis tetapi informasi ini lebih trend di kalangan pecinta alam dan para pendaki. Banyak pendaki berduyun-duyun dari seluruh dunia demi perjalanan penaklukan Gunung Everest dengan rekor-rekor tertentu yang mereka ciptakan misalnya pendakian pertama dari negaranya, pendakian tercepat, pendakian dengan jalur baru, pendakian dengan setting yang berbeda dsb. Kebanggan para pendaki ini ketika mampu menancapkan bendera negara dan organisasinya di puncak Gunung Everest.

Puncak Gunung Everest adalah 8.848 meter (29.028 kaki) di atas permukaan laut. Elevasi ketinggian ini menempatkan Gunung Everest sebagai gunung dengan elevasi tertinggi. Namun ternyata dalam hitungan morfologis, Gunung Everest bukan gunung tertinggi. Atau dengan kata lain, Puncak Everest merupakan puncak tertinggi di dunia namun Everest bukan gunung tertinggi dalam ukurannya sebagai gunung.

Elevasi Gunung Everest

Elevasi Gunung Everest

Gunung Mauna Kea sebagai gunung tertinggi

Mauna Kea

Mauna Kea

Mauna Kea memiliki elevasi 4.205 meter (13.796 kaki) di atas permukaan laut. Ukuran ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Gunung Everest. Namun, Mauna Kea adalah sebuah pulau gunung api. Secara morfologis, pulau ini merupakan satu kesatuan dengan Gunung Mauna Kea. Jika diukur dari kaki gunung yang telah menjadi bagian dasar laut (berada di bawah air) yang terdekat dari puncak pulau yang diukur. Maka ternyata Mauna Kea lebih tinggi daripada Gunung Everest.

Ketinggian Gunung Mauna Kea adalah lebih dari 10.000 meter . Sedangkan Everest hanya 8.848 meter. Berdasarkan hitungan ini maka Mauna Kea dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia.

Ketinggian Gunung Mauna Kea

Ketinggian Gunung Mauna Kea

Referensi : Geology

Tag:
%d blogger menyukai ini: