Membaca Peta (4)


Menentukan lokasi dengan menggunakan metode arah dan arah = RESECTION

Oleh : Andi Hidayat

Pada saat mendaki gunung kita akan melewati jalur-jalur dengan topografi yang bervariasi, kadang kita akan melewati lembah, cekungan, tepi jurang, igir-igir, puncak dan lain-lain. Setelah mencapai suatu tempat tertentu kadang kita bingung dengan posisi kita,  karena posisi kita berdiri di lapangan belum kita ketahui di peta topografi yang kita bawa. Lalu bagaimana cara kita mengetahui posisi kita di peta?

Ada cara untuk mengetahui posisi kita di peta dengan memperhatikan posisi kita di lapangan, yaitu Resection. Resection adalah menentukan kedudukan tempat kita berdiri di lapangan yang tidak di ketahui di peta , dengan pertolongan dua titik yang telah dikenali baik di peta maupun di lapangan. Langkah-langkah melakukan kegiatan Resection adalah sebagai berikut :

  • Persiapkan peta yang kita bawa, kompas, busur/protactor, pensil dan penggaris atau tali.

  • Beri tanda 2 titik yang akan kita jadikan panduan

  • Bidik azimuth titik 1 di lapangan (titik panduan lapangan) dengan kompas, tandai titik 1 pada peta (titik panduan peta)

  • Bidik azimuth titik 2 di lapangan (titik panduanlapangan) dengan kompas, tandai titik 2 pada peta (titik panduan peta)

  • Buat garis back azimuth (ke arah kita berdiri) pada peta pada 2 titik panduan di peta, perpotongan garis dari 2 titik tersebut menunjukkan posisi kita.

Dalam gambaran nyata kurang lebih sebagai berikut :

Gambar 1.

Gambar 2.

Gambar 3.

Gambar 4.

Gambar 5.

Gambar 6.

——

Terimakasih atas kunjungannya.

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

Tag:
%d blogger menyukai ini: