Membaca Peta (5)


Menentukan lokasi dengan metode arah dan arah = INTERSECTION

Oleh : Andi Hidayat

——

Informasi yang terdapat di dalam peta dapat bersifat statik maupun dinamik. Bersifat statik artinya informasi yang ada di alam peta tersebut tidak bisa atau sulit berubah misalnya peta jenis tanah, peta geologi. Sedangkan bersifat dinamik artinya informasinya bisa dan mudah berubah tanpa batasan waktu, misal peta cuaca, peta jumlah penduduk. Jika sedang ada di suatu tempat dan kita membawa peta wilayah tersebut kadang kita juga akan menemukan beberapa obyek informasi yang bersifat dinamis.

Karena perubahan data atau karena kurang akuratnya peta kadang kita akan menemukan ada obyek di muka bumi yang kita bisa kenali di lapangan tetapi tidak ada di peta. Bagaimana cara menemukan obyek yang ada di lapangan dengan menentukan posisinya di peta yang kita bawa? Caranya adalah dengan menggunakan metode Intersection.

Intersection adalah kegiatan menentukan lokasi suatu kenampakan yang tidak ada di peta, tetapi ada di lapangan dengan cara menggunakan 2 tempat yang dikenal, baik di peta maupun di lapangan.

Langkah-langkah intersection adalah sebagai berikut :

Langkah 1.

Langkah 2.

Langkah 3.

—-

—-

Dari gambaran nyata kurang lebih sebagai berikut :

Gambar 1.

Gambar 2.

Gambar 3.

Gambar 4.

Gambar 5. —–

—–

Terimakasih atas kunjungannya.

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

Tag:

3 Komentar to “Membaca Peta (5)”

  1. sangat senang ada pembelajaran cara membaca peta dan ilmu geografi lainnya oleh seorang geograf..

  2. trim mas andi

  3. terima kasih semoga dapat saya berikan pada siswa kami mas

%d blogger menyukai ini: