Karya Siswa – Video Hutan Edukasi Wanagama


HUTAN EDUKASI WANAGAMA

Gunungkidul merupakan bagian dari wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian timur. Dari arah Jogja kita tinggal mengikuti jalur jalan Yogyakarta – Wonosari sejauh kurang lebih 40 km ke arah tenggara dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dalam kondisi lalulintas normal.

Kurang lebih 8 km sebelum mencapai Wonosari tepatnya di perempatan Gading (dari arah Yogyakarta sebelum lapangan udara Gading) terdapat papan penunjuk lokasi wisata hutan, yaitu Hutan Edukasi Wanagama.

Jalan masuk menuju kawasan hutan wanagama

Salah satu kelompok siswa yang mendapat tugas untuk membuat video tentang tempat-tempat wisata di wilayah kabupaten Gunungkidul memilih kawasan Hutan Edukasi Wanagama sebagai tema tugas mereka.

Pada video tersebut mereka bercerita tentang keindahan hutan wanagama, keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di hutan tersebut. Dengan perpaduan musik, pengisi suara dan pengambilan gambar yang bagus membuat video karya mereka ini menarik untuk ditonton sampai selesai.

Wanagama sendiri adalah kawasan hutan yang terdapat di Desa Banaran Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Hutan ini merupakan hutan “ciptaan” manusia. Ya, sebelum hutan ini lebat berdiri sebenarnya kawasan ini dahulunya adalah kawasan yang tandus dan kering akibat penebangan liar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Seperti wilayah Gunungkidul di bagian tengah dan selatan pada umumnya, wilayah di desa Banaran ini kering dan tandus pada musim kemarau.

air terjun musiman tersembunyi di pedalaman hutan wanagama

Kemudian oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada yang dipelopori oleh Prof. Oemi Han’in kawasan tandus di Desa Banaran ini dirintis menjadi kawasan hijau. Beberapa akademisi melakukan reboisasi di wilayah tersebut dengan menanam berbagai jenis bibit tanaman hutan.

Kembali lebatnya kawasan hutan ini didukung oleh kesadaran masyarakat setempat untuk menjaga kelestarian alam di hutan tersebut. Selain itu perhatian pemerintah terhadap pengembangan dan pemanfaatan potensi alam yang berkelanjutan membuat kelestarian ini masih tetap terjaga.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hutan Wanagama ini dapat klik link berikut :

  1. Website kotajogja tentang hutan wanagama
  2. Info wisata dari njogja tentang hutan wanagama
  3. Fakultas Kehutanan UGM tentang Wanagama Educational Forest.

——

Terimakasih atas kunjungannya.

Selamat belajar. Semoga bermanfaat.